Friday, June 27, 2014

SABAR



Pengendalian diri adalah suatu tantangan yang mudah diatasi tapi dengan berlatih sedikit demi sedikit akan terbiasa dan dari terbiasa menjadi rutinitas dan menjadi ahli dalam mengendalikan batin kita.

Semoga kita menjadi ahli dalam mengendalikan pikiran, ucapan dan tindakan kita.

# Orang & Marah #

1. Ada orang yang mudah marah, namun cepat mereda.
2. Ada orang yang tidak mudah marah, kalau sudah marah bisa bertahan lama.
3. Ada orang yang mudah marah, dan amarahnya bisa bertahan lama.
4. Ada orang yang tidak mudah marah, dan kalau marah tidak berlangsung lama

Yang pertama adalah easy come easy go, seperti minuman yang mengandung soda, mudah meledak-ledak. Setelah gasnya keluar sudah selesai. Egonya besar, namun bukan pendendam, urusannya tidak disimpan di dalam hati.

Yang kedua adalah orang yang berusaha untuk bersabar, tetapi sebetulnya ia bukan orang yang sabar, hanya pura-pura sabar. Egonya besar, namun seorang pendendam, luka di hatinya tidak mudah utk disembuhkan, meskipun orang sudah minta maaf berkali-kali. Itu artinya kemanapun ia pergi, ia selalu membawa timbunan sampah di kantongnya yang pasti akan mengeluarkan bau busuk. Senyumannya pasti kecut, yang keluar dari mulutnya pasti bukan kata-kata yang enak didengar.

Yang ketiga adalah orang yang mudah meledak-ledak emosinya, mudah tersinggung, mudah marah dan juga seorang pendendam. Orang seperti ini lebih baik tidak didekati, karena ia bukan orang yang enak untuk dijadikan teman. Not easy to get along with. Mungkin ia lebih cocok bergaul dengan yang tidak keliatan, hehehe...

Yang keempat adalah yang terbaik, mungkin ia adalah seorang yang sabar atau berusaha untuk tetap sabar. Kalau toh sampai marah tidak berlangsung lama, karena cepat diatasi dengan pengertian benar dan pikiran yang benar.

Anda termasuk yang mana?



No comments:

Post a Comment