Friday, June 27, 2014

4 Kelebihan Orang Indonesia yang Bisa Buat Karir Sukses di Luar Negeri


Meniti karir di luar negeri memang akan terasa lebih menantang. Di sana, kita akan dihadapkan dengan orang-orang yang mungkin tidak lebih pintar namun lebih kompetitif. Hal tersebut janganlah membuat kita menjadi takut atau ragu untuk mengejar karir internasional. Handi Kurniawan, seorang pakar sumber daya manusia mengatakan ternyata orang Indonesia memiliki beberapa kelebihan ketimbang negara lain yang bisa buat karir lebih sukses. Karakter-karakter ini juga membuat pekerja Indonesia lebih mudah beradaptasi tinggal di negara orang. 

1. Menghadapi Keadaan Tak Menentu
Sering dihadapkan dengan situasi tidak tentu seperti lalu lintas macet, keterlambatan angkutan, mati listrik, dan lain-lain ternyata bisa menjadi kekuatan. Terutama dalam dunia bisnis yang penuh ketidakpastian, orang Indonesia bisa lebih terbiasa dan sabar dalam membangun usaha. Hal tersebut juga menjadikan pekerja Indonesia terlatih memiliki rencana cadangan dan toleransi yang tinggi.

"Bagi pekerja asing, hal-hal mendadak sangat mengganggu mood dan peforma. Bagi orang Indnesia, ketidakpastian adalah makanan sehari-hari," ujar Handi ketika ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Selatan.

2. Mengambil Sisi Positif
Salah satu karakteristik khas positif orang Indonesia lainnya adalah tetap melihat sebuah 'keuntungan' dalam setiap kejadian tak menyenangkan. Sifat ini tentu saja bisa membuat kita lebih optimis dan tidak mudah menyerah dalam meraih kesuksesan. Dibandingkan pekerja asing, Anda juga bisa lebih tabah ketika mengalami kesulitan dalam pekerjaan. Namun jangan pula terlalu terlena dan menganggap semua kejadian buruk ada keuntungannya tanpa memperbaiki keadaan.

3. Terbiasa dengan Keberagaman
Orang Indonesia, terutama yang tinggal di kota besar, seharusnya sudah tidak asing dengan keberagaman tradisi, etnis, atau ras. Sehingga dalam pergaulan internasional, kita bisa lebih bersikap ramah dan menghargai perbedaan. Dengan begitu, pekerja Indonesia juga dapat lebih mudah beradaptasi dan memahami pekerja lain ketika harus bekerja di luar negeri.

4. Kreatif
Selain tiga sifat di atas, seperti yang dituliskan dalam bukunya yang berjudul 'Go Global', Handi juga melihat orang Indonesia memiliki kreativitas cukup tinggi yang bisa dimanfaatkan. Dengan beragamnya tradisi seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kita bisa mengeksplor berbagai keunikan dalam negeri yang bisa menjadi daya tarik masyarakat mancanegara. Beberapa karya musik atau drama Indonesia juga sudah cukup diminati di sejumlah negara tetangga yang sebenarnya bisa lebih dikembangkan.

source : wolipop.detik.com

No comments:

Post a Comment