Saturday, October 19, 2013

Renungan dari ANNE AVANTIE


Terkadang kita merasa begitu hebat dr orang lain dan tidak jarang "mencibir" keadaan seseorang yg kita anggap tidak sempurna. Segala nya yg tampak luar adalah "kulit ari" yang mudah "mengelupas..!

Sudah 13 tahun ini saya memimpin "persekutuan doa waria & gay" kaum marginal yang ditolak oleh masyarakat & agama. Tapi pada kenyataannya kaum ini "ada" dan menjadi bagian hidup kita! Bahkan menjadi bagian hidup saya dalam berkarya dimana lewat "karya2" saya mereka juga membantu sehingga apa yang saya lakukan lewat "karya-karya" saya menjadi saluran berkat bagi sesama.

Setiap orang memiliki sisi baik dan buruk. Seperti dua sisi mata uang yg tak terpisahkan. Pengalaman-pengalaman hidup teman-teman saya "waria" yang hidup dibawah garis kemiskinan dan kelayakan menjadi GURU pengabdian saya. Sebagian besar mereka JUSTRU menjadi tulang punggung keluarga. Beberapa waktu yang lalu saya di telp oleh seorang anggota dan dia mengatakan "Bu, bisa tolong ibu saya yang sedang sakit...?". Bergegas saya kesana melewati gundukan sampah berbau dan menemukan rumah triplex setinggi kepala saya

Saya tengok kedalam dan ada ibu yang tergolek tak berdaya dengan luka membusuk dibagian leher juga ada anak-anak kecil usia SD 3 orang . Waria itu bercerita bahwa ini adalah anak kakaknya yang ditinggal suami nya. Jadi dia merawat ibunya yang sakit selama 10 tahun dan menyekolahkan ketiga anak itu. Duh, sungguh mulia hatinya.!

Saya menanyakan bagaiman dia merawatnya. Jawabnya "saya kalau pagi mandikan lalu saya tunggu sampai buang air besar saya pangku dengan tas kresek dibawah lalu saya cebokin. Kemudian saya ganti perban, pasang pempers kemudian saya belikan makan pagi dan makan siang. Nanti agak jam 3 pulang "ngamen", saya buang pempersnya ganti yang baru dan saya lap tubuh nya tidak lupa saya pakaikan bedak bayi supaya harum".

Hati saya menangis, apa yang saya lakukan pada ibu saya jauuuuhhh dari dia..! Jangan pernah kita melihat orang lain dengan RENDAH ternyata kita tidak jauh lebih TINGGi dari apa yang mereka lakukan... (Anne avantie)

No comments:

Post a Comment