Sunday, June 29, 2014

DIDIKLAH SEDINI MUNGKIN

Cara mengelola uang sebaiknya diajarkan kepada anak-anak kita sedini mungkin, karena jika sedari kecil mereka sudah terbiasa dilatih mengatur secara bertanggung jawab, maka ia akan menjadi pengelola yang baik dikemudian hari. 

Sebaliknya kalau sejak kecil mereka tidak bisa mengelola uang saku dengan baik, maka di masa dewasanya akan mengalami kesulitan. 

Cara yang paling efektif adalah dengan memberi teladan: kalau para orang tua punya sifat doyan belanja, maka si anak juga akan ikut-ikutan membelanjakan uangnya untuk hal-hal yang tidak semestinya atau perlu dibeli.

Oleh karena itu kitapun harus bisa me milah-milah dalam membeli sesuatu dan membedakan mana yang benar-benar butuh atau keinginan semata.

Selain itu jangan manjakan anak dengan memberi uang saku dalam jumlah besar, karena hal itu akan membuat mereka menjadi orang-orang yang boros dan tidak menghargai uang.

Seharusnya mereka perlu diberi pengertian bahwa untuk mendapatkan uang itu bukanlah suatu hal yang mudah, perlu kerja keras dan perjuangan..

Kitapun harus selalu mengingatkan bahwa uang saku yang diberikan bukan untuk dibelanjakan dan dihabiskan, tetapi harus disisihkan untuk ditabung guna keperluan-keperluan mendesak dikemudian hari.

Kalau kebiasaan ini sudah dilakukan sejak kecil, maka dimasa depan mereka tidak akan mengalami kesulitan keuangan.

Anak harus juga diajarkan tentang kemurahan hati, dengan memberi kepada mereka yang membutuhkan, agar bisa bertumbuh menjadi orang-orang yang berjiwa sosial dan tidak hanya mementingkan diri sendiri..

Suatu didikan dan disiplin yang diterapkan sejak kecil lebih berharga daripada warisan yg berlimpah. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment