Monday, June 1, 2015

7 KEBIASAAN AGAR BERNASIB BAIK


1. KEBIASAAN BERSYUKUR.
Bersyukur adalah kebalikan dari mengeluh.
Dengan mengeluh, beban batin makin berat, batin makin tidak tenang, fokus hidup tertuju pada masalah-masalah, bukan pada upaya perbaikan. Jadi jangan hanya mengeluh.
Hellen Keller yang terkenal itu, yang buta tuli sejak umur 2 tahun, membuat pernyataan syukur sebagai berikut:
"Aku bersyukur atas cacat yg kualami krn melalui cacatku ini aku menemukan diriku, pekerjaanku & Tuhanku."
Dengan bersyukur, batin lebih tenang, fokus hidup tertuju pada upaya-upaya perbaikan, agar nasib menjadi lebih baik.

2. KEBIASAAN BERPIKIR POSITIF.
Berpikir negatif sebagai antisipasi adalah sesungguhnya berpikir positif karena sejak awal ditujukan utk kepositifan. Sedangkan berpikir negatif berawal & berujung kenegatifan.
Pikiran itu seperti tanah. Positif atau negatif itu seperti benih. Menanam benih positif pada pikiran menghasilkan ucapan & tindakan positif, yang berlanjut pada kebiasaan-kebiasaan positif, karakter positif & nasib positif.

3. KEBIASAAN BEREMPATI.
Berempati adalah kebalikan dari keegoisan. Biasakan menempatkan diri pada posisi orang lain, belajar mlakukan apa yang anda ingin orang lain lakukan kepada anda, maka nasib baik lebih mudah hadir pada anda.

4. KEBIASAAN MENDAHULUKAN YANG PENTING.
Jangan biarkan diri terjebak pada hal-hal tidak penting, sehingga hal-hal penting terabaikan. Kebiasaan mendahulukan yang penting membuat hidup lebih efektif & produktif sehingga memberi peluang lebih besar nasib baik terjadi.

5. KEBIASAAN BERTINDAK.
Banyak orang bermimpi, tapi tidak bertindak. Orang-orang sukses bertindak, bahkan berkali-kali sebelum mereka sukses. Tak akan ada hasil tanpa tindakan. Dengan bertindak, nasib baik lebih berpeluang besar terjadi dalam hidup daripada tidak bertindak.

6. KEBIASAAN MENABUR KEBAIKAN.
Prinsip tabur tuai berlaku dalam kehidupan. Jika tidak ingin menuai keburukan, tabur kebaikan. Jika ingin nasib baik, tabur kebaikan.

7. KEBIASAAN JUJUR.
Dengan jujur, pada diri sendiri & orang lain, hidup lebih nyaman & dipenuhi kebaikan. Kalaupun kebaikan belum datag, nasib baik belum dtg, namun musibah sudah menjauh.

No comments:

Post a Comment