Tuesday, July 15, 2014

Setelah membintangi lebih dari 150 film dalam 40 tahun kariernya di Hollywood,


Jackie Chan memutuskan untuk berhenti. Setidaknya untuk sementara ini ketika ia memasuki kehidupan yang baru sebagai penasihat pemerintah China bidang Pemberantasan Kemiskinan.

Jackie sendiri diperkirakan memiliki kekayaan 85 juta poundsterling atau sekitar Rp1,3 triliun.

Yang menarik, dengan jabatan baru itu JACKIE yang kini berusia 58 tahun berjanji akan memberikan semua uangnya untuk amal ketika ia meninggal.

"Suatu hari saya berharap kita tidak akan memiliki orang miskin di China," katanya seperti dikutip Mirror.co.uk.

Ia menyarankan teman-temannya di Hollywood seperti Chris Tucker, Owen Wilson, dan Will Smith, ikut membantunya mengentaskan kemiskinan.

“Mereka (Tucker, Wilson, dan Smith) bertanya, kenapa kamu lakukan itu? Itu kan seharusnya tugas pemerintah?” kata Jackie. “Tak seharusnyakah masyarakat membantu orang-orang miskin?” ia balik bertanya.

Menurutnya, banyak orang yang mengira tindakannya itu untuk membangun image dirinya di mata publik.

Namun ia lakukan benar-benar karena ucapan terima kasih. Ia sendiri mengaku masa kecilnya mengalami kehidupan yang sulit.

Ia sering mengalami kesulitan saat mau berobat karena tak punya uang. Selain itu ketika pergi ke sekolah ia harus jalan kaki karena ongkosnya lebih baik ia gunakan untuk membeli makanan.

Suatu kali Palang Merah mengunjungi sekolahnya untuk membagikan sikat gigi, susu, dan pakaian.

Ia kemudian memilih jaket tua untuk keperluan sehari-harinya sambil mengucapkan terima kasih pada petugas Palang Merah itu.

Namun petugas itu malah berujar, “Jangan berterima kasih pada saya. Jika kamu benar-benar ingin berterima kasih pada seseorang kamu harus menolong orang lain,” kata petugas itu.

Kata-kata itu, diakui Jackie, sangat melekat di hati dan hingga kini selalu muncul keinginan berterima kasih dengan memberi bantuan pada orang lain...

Mari kita biasakan diri dengan semangat "Tanpa Hari Tanpa Berbuat Kebajikan". 

No comments:

Post a Comment